Pendidikan Non-formal di Zaman Tehnologi

0
18

Pendidikan Non-formal di Zaman Tehnologi

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Non-formal bersama program studi pendidikan non-formal di FKIP UMPAR

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Non-formal bersama program studi pendidikan non-formal di FKIP UMPAR gelar aktivitas seminar nasional Kamis, (30/06/22) dengan mengusung topik “Pendidikan Non-formal di Zaman Tehnologi”. Aktivitas ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III FKIP UMPAR Ali Wira Rahman, S.Pd.,M.Pd

Aktivitas ini didatangi oleh berbagai perguruan tinggi dan lembaga-lembaga PKBM di berbagai pulau di Indonesia. Aktivitas ini populita.com memgahadirkan 3 Pembicara salah satunya A. Hasdiansyah,S.Pd.,M.Pd.MA dari Kampus Muhammadiyah Parepare, Yudan Hermawan,S.Pd.,M.Pd dari Kampus Negeri Yogyakarta dan Yanti Karmila Nengsih,S.Pd.,M.Pd dari kampus Sriwijaya.

Ketua Program Studi PNF FKIP UMPAR Ihwan Ridwan,S.Pd.,M.Pd dalam sabutannya mengatakan aktivitas itu dilakukan dalam usaha perolehan IKU hingga akreditas Prodi PNF dapat capai Baik Sekali atau Unggul”.

Ketua Hima PNF Suharsih dalam sambutannya mengatakan jika aktivitas itu diadakan buat untuk mengenali PNF lebih luas dan mengharap mudah-mudahan PNF di Universits Muhammadiyah Parepare nantinya semakin banyak pecintanya.

Aktivitas seminar nasional ini bekerja sama dengan Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (IMADIKLUS) Se Indonesia, DPP FK PKBM Indonesia, Kampus Sriwijaya dan Kampus Negeri Yogyakarta.

Pendidikan Luar Sekolah dalam Pendayagunaan Media Evaluasi Berbasiskan Tehnologi Informasi

Bersamaan perubahan jaman, tehnologi informasi dan komunikasi akan makin bertambah. Oleh karena itu pola evaluasi harus juga dirubah meng ikuti peralihan jaman yang disebabkan karena perkembagan tehnologi. Dalam pendayagunaan tehnologi informasi dan komunikasi ini minimal pengajar harus juga sanggup kuasai dan ingin memakai tehnologi.

Pada saat ini perubahan tehnologi informai dan komunikasi sangat cepat sehingga masyarakat belajara baik itu warga umum,profesi dan lain sebaginya harus harus mengenali dan ketahui dan dapat memakai tehnologi itu. di zaman jaman teknogi saat ini apapun itu yang kita lakukan semakin lebih gampang saat lakukan suatu hal termasuk saat belajar baik itu belajar dalam sekolah ( resmi ) atau di luar sekolah (non resmi).dalam pendidikan luar sekolah media tehnologi sangat di perlukan dalam evaluasi di pendidikan luar sekolah. Keunggulan Pendidikan luar sekolah yang tidak dipunyai oleh jurusan lain

Pendayagunaan tehnologi informasi dan komunikasi dalam evaluasi dilaksanakan dalam rencana tingkatkan efektivitas dalam penerapan proses evaluasi yang pada akhirannya bisa tingkatkan hasil belajar dan kualitas dari beberapa peserta didik maupun masyarakat belajar. Sejumlah faedah dari tehnologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan luar sekolah seperti berikut:

Pendidikan Luar Sekolah Pendayagunaan Media Evaluasi Berbasiskan Tehnologi Informasi
TIK sebagai infrastruktur evaluasi, Dengan digunakannya TIK ini evaluasi menjadi dapat dilakukan dimanapun serta kapan pun, dan tidak terhalang kembali oleh kondisi di mana peserta didik, pendidik dan bahan ajar.
TIK untuk sumber bahan belajar, Pendayagunaan TIK sebagai sesuatu sumber bahan belajar akan menjamin terdapatnya beberapa materi evaluasi yang selalu terperbaharui dan selalu ada untuk dijangkau setiap saat. Disamping itu beberapa materi evaluasi juga semakin lebih gampang untuk diperbarui sesuaikan secara pesatnya perubahan ilmu pengetahuanyang terjadi. Misalnya masyarakat belajar yang belajar menjahit contohnya bisa cari bahan evaluasi atau materi evaluasi melalui internet, youtube, dan lain-lainnya.

TIK sebagai alat tolong dan sarana evaluasi, Lewat pendayagunaan TIK sebagai alat tolong dan sarana evaluasi, sesuatu materi evaluasi akan tersampaikan dengan lebih bagus dengan pertimbangkan kerangka dunia kenyataannya.
TIK sebagai pendukung management evaluasi, Pendayagunaan TIK saat memberikan dukungan management evaluasi bisa dipakai untuk menolong mengurus dan memproses beberapa data pendidikan dan evaluasi hingga menghasilkan sesuatu instansi pendidikan yang berkualitasyang sanggup sediakan data pendidikan yang tepat, gampang dipakai, dan bisa didapat on time.
TIK sebagai mekanisme pendukung keputusan, Mekanisme kerja TIK yang membuat sesuatu data bisa selalu diperbarui dan ada setiap ketika akan memberikan agunan pada tersedianya beberapa data yang benar dan reliabel buat terbentuknya keputusan dankebijakan yang memberikan keuntungan sesuatu faksi.
Dengan digunakannya tehnologi saat media evaluasi pada proses belajar dan mengajarkan, akan mempermudah langkah pendidik dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan peserta didiknya. Dan akan mempermudah untuk peserta didik di saat mereka akan belajar secara berdikari. Karena bila tehnologi informasi dan komunikasi digunakan baik, karena itu proses evaluasi akan berjalan dengan aman dan inovatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here